Jumat, 03 Agustus 2012

Ensiklopedia Bid'ah


 Penulis :Hammud bin Abdullah al-Mathar Harga : Rp.90.000,-
Harga Disc Rp 70.000,- Deskripsi : xix + 505 hal. (HC)

Dalam khutbah dan pidato, Nabi acap kali menyampaikan, Sesungguhnya perkataan yang paling benar adalah Kitabullah (al-Qur'an), petunjuk yang paling baik adalah petunjuk Nabi Muhammad, dan perkara (agama) yang paling buruk adalah ajaran-ajaran yang dibuat-buat; karena setiap ajaran (Agama) yang dibuat-buat adalah bid'ah, setiap bid'ah adalah kesesatan, [dan setiap kesetan (tempatnya) di neraka]. (HR Muslim no. 867 dan penggalan dalam kurung kotak diriwayatkan oleh an-Nasa'i no. 1578 dan dishahihkan oleh al-Albani).

Ini adalah salah satu peringatan Nabi yang sering diulang-ulang, agar umat ini senantiasa waspada terhadap bid'ah dalam segala bentuk dan kategorinya; dalam akidah, ibadah, mu'amalah maupun akhlak. Dan lebih dari itu, sebagian masyarakat Indonesia, telah terbiasa dengan bid'ah, sehingga potret Agama yang begitu indah dan mulia, terburamkan oleh noda-noda bid'ah, yang semua itu justru karena ulah sebagian pemeluknya, baik yang berlebihan (ekstrim) dalam beragama maupun yang asal-asalan.

Buku ini, Ensiklopedia Bid'ah, adalah kumpulan fatwa yang merupakan hasil penelusuran penulis dari berbagai kausus bid'ah di dunia Islam, yang pernah ditanyakan kepada para ulama dewasa ini: bida'h-bid'ah dalam shalat, adzan, berqurban, mengurus jenazah, dzikir dan doa, haji dan umrah, pernikahan, zakat, puasa, membaca al-Qur'an, peringatan dan perayaan, dan sebagainya.

Tidak hanya membahas perkara-perkara bid'ah, buku ini juga menyuguhkan pengantar yang patut diperhatikan, antara lain: definisi bid'ah yang benar, bahaya-bahaya bid'ah, siapa yang patut dicap sebagai ahli bid'ah, apa saja ciri-ciri ahli bid'ah, apakah setiap orang yang terjatuh dalam kebid'ahan dicap sebagai ahli bidah, dan bagaimana sikap seorang muslim terhadap bid'ah dan ahli bidah. Maka buku ini adalah sebuah usaha untuk berperan serta dalam membersihkan agama ini dari unsur-unsur yang bukan bagian dari-Nya. Agama Islam adalah wahyu, bukan rumusan nalar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR KE BLOG INI SILAHKAN DILIHAT DULU KATALOG DAN RESENSI BUKUNYA SEMOGA BERKENAN JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRAN"