Jumat, 30 November 2012

50 Prinsip Pokok Ajaran Al-Qur`an


Penulis : Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil
Harga :
Rp.78.000,-
Harga diskon : Rp 60.000,- 
  
Salah satu sisi kemukjizatan al-Qur`an adalah kandungan ilmiah dan hikmah yang luas di dalamnya, yang hingga saat ini, masih saja ada hal-hal baru yang berhasil dimunculkan oleh para ulama, sehingga tak pernah habis. Salah satu sisi kemukjizatan dalam al-Qur`an adalah terdapatnya prinsip-prinsip dasar dari nilai diri dan kehidupan manusia di dalamnya, yang tersusun dari kata-kata yang singkat, tetapi mengandung bangunan makna yang besar, luas, dan universal. Inilah yang coba dimunculkan oleh penulis buku ini, yang secara tematik merupakan kaidah-kaidah Qur`aniah, di mana segala aspek kehidupan bisa dibangun di atasnya. 

 Sebagai contoh: Prinsip pokok ke-(1): Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia. Yakni, manusia dalam interaksinya dengan sekian banyak jenis orang, diarahkan oleh al-Qur`an, agar mengucapkan kata-kata yang baik. Kemudian prinsip pokok ke-(6): Dan perdamaian itu lebih baik. Yakni, bagaimanapun manusia harus saling berusaha mendapatkan hak masing-masing, bahkan dalam perselisihan yang berakhir di depan pengadilan, tetap berlaku prinsip dasar: perdamaian adalah lebih baik, dan seterusnya.... 

Nah, mensosialisasikan prinsip-prinsip pokok ini mengandung banyak faidah: pertama, mengikat manusia dengan Kitab Suci milik Rabb mereka dalam segala urusan dan kondisi mereka; karena Allah Sang Pencipta, pastilah lebih mengetahui kemaslahatan hambaNya. Kedua, menanamkan dalam hati manusia bahwa al-Qur`an adalah solusi bagi segala problem mereka; yang akan membuktikan bahwa al-Qur`an ini benar-benar diturunkan dari sisi Allah Yang Mahaagung. Dan ketiga, bahwa merealisasikan prinsip-prinsip pokok ini dengan mengulang-ulangnya di lidah maupun dalam tulisan, haruslah menjadi pengganti slogan dan motto yang digembar-gemborkan oleh banyak pihak yang seringkali bermakna negatif dan tidak sejalan dengan nilai-nilai yang dibawa oleh Islam. 

Buku ini mengusung 50 prinsip pokok ajaran al-Qur`an, yang merupakan kandungan-kandungan inti dan kaidah-kaidah dasar yang dapat menjadi pijakan dalam menjalani kehidupan duniawi dan menjalankan Agama, sehingga keduanya sejalan dan serasi. Patut dikaji semua kalangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR KE BLOG INI SILAHKAN DILIHAT DULU KATALOG DAN RESENSI BUKUNYA SEMOGA BERKENAN JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRAN"