Rabu, 10 Oktober 2012

Tazkiyatun Nafs

Penulis   : Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
Penerbit   : Darus Sunnah
Cetakan   : Juli 2011
Tebal     : xxxv+433 hlm
Harga Buku : Rp 85.000
Harga diskon: Rp 66.000

Syariat Islam telah mencurahkan perhatian khusus dalam menjaga para penganutnya dari berbagai penyakit, berupa dekadensi moral yang menghancurkan masyarakat dan menjadikannya terkoyak-koyak.

Ajaran dan prinsip Islam memberikan perhatian terhadap individu dari bahaya akhlak yang rusak dan mengajak untuk menjauhinya agar bangunan umatnya menjadi kuat dan saling menopang.

Islam telah menyelaraskan antara dua sisi, yaitu ruh dan jasad, dan tidak membiarkan salah satunya lebih dominant atas yang lainnya. Islam mengajak untuk berpegang teguh pada akhlak terpuji dan meninggalkan akhlak yang jelek serta menjauhinya.

Tubuh manusia terdiri dari dua unsur; jiwa dan raga. Tidak hanya raga yang memerlukan pemenuhan kebutuhannya seperti makan, minum dan sebagainya. Akan tetapi, jiwa juga memerlukan santapan dan nutrisi. Hal ini dapat dipenuhi dengan melakukan amalan-amalan hai, sehingga mampu menjernihkan jiwa dan menyegarkan amal ibadah.

Buku ini membahas tentang amalan-amalan hati sebagai sarana untuk penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) seperti ikhlas, ridha, syukur, tawakal, taat, qanaah, iffah (menjaga diri dari sesuatu yang diharamkan),  takwa, jujur, tawadhu, zuhud, tobat  dan lain-lain. Juga penyucian diri dari penyakit-penyakit hati, seperti riya, iri, hasad, dengki, sombong, bakhil, dan sebagainya. Penulis juga mengingatkan pentingnya amar makruf nahi munkar, at-tadzkir (memberi peringatan), hijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mengupas tentang urgensi dan adab berdoa.

Semua itu disampaikan dengan gaya bahasa yang sangat indah, keterangan yang sangat logis, hujjah-hujjah yang kuat dan dalil-dalil yang sangat memuaskan. Saat berdalil dengan hadits-hadits Rasulullah, penulis tidak hanya menyebutkan haditsnya, tetapi terkadang mensyarah dan mengulas permasalahan yang kurang jelas dan menerangkan faedah-faedah yang sangat luar biasa.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim. Uraian bab demi bab yang ditulis oleh ulama yang merupakan ‘dokter penyakit rohani’ dalam buku ini merupakan renungan dan pengingat akan keutamaan akhlak yang mulia dan terpuji yang wajib bagi setiap Muslim untuk berpegang teguh padanya. Buku ini merupakan pendorong bagi setiap Muslim agar gemar memberikan santapan kepada jiwa dan menyuntikkan nutrisi pada hati dengan petunjuk-petunjuk syar’i, agar menjadi pribadi-pribadi Muslim yang bertakwa, luhur, dan mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR KE BLOG INI SILAHKAN DILIHAT DULU KATALOG DAN RESENSI BUKUNYA SEMOGA BERKENAN JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRAN"