Minggu, 17 Januari 2016

Penaklukan Dalam Islam



Halaman : 419 + XLI
Sampul   : hardcover
Harga     : 100.000, didiskon jadi Rp. 80.000

Buku Penaklukan Dalam Islam merupakan terjemahan dari kitab al-Futuh al-Islamiyyah ‘abral ‘Ushur (Penaklukan-penaklukan Islam Sepanjang Masa) yang ditulis oleh Dr. ‘Abdul ‘Aziz bin Ibrahim al-‘Umari,

Merupakan buku modern yang memaparkan dan menganalisa bagaimana proses penaklukan negeri-negeri yang dilakukan oleh kaum muslimin sepanjang masa Islam. Ditampilkan secara sistematis mulai dari penaklukan pada kenabian, al-khulafaur Rasyidun, ‘Umawiyyah, ‘Abbasiyyah hingga masa Utsmaniyyah dengan sumber yang layak diperhitungkan secara “ilmiah” tapi tetap nyaman dibaca oleh khalayak ramai.
Sejak ratusan tahun yang lalu, Islam telah tersebar ke puluhan negeri, mulai dari semenanjung Arab, tanah Syam, Mesir, Irak, Afrika Utara, Asia Tengah, Asia Selatan dan sebagian Eropa, seperti sebagian wilayah Balkan. Itulah yang hari ini kita sebut sebagai negeri-negeri Islam atau dunia Islam.
Buku ini memberi gambaran yang jelas kepada kita bahwa sampainya Islam ke negeri-negeri tersebut dan kemudian dipeluk oleh para penduduknya dari generasi ke generasi tidak bisa dilepaskan dari langkah yang ditempuh oleh negara Islam dalam membebaskan negeri-negeri itu dari penguasa-penguasa dan tatanan kufur melalui dakwah dan jihad. Inilah yang disebut proses penaklukkan Islam (al-futuh al-Islamiyyah).
Lewat daftar dan uraian atas penaklukan-penaklukan penting yang digelar oleh kaum muslimin sejak masa kenabian hingga daulah Utsmaniy, buku ini membuat kita semakin paham akan peran penting negara Islam sebagai perangkat keras yang musti ada untuk menjalankan misi Islamisasi keberbagai bangsa dan negara di dunia.
Di dalamnya, kita bisa membaca berbagai peperangan yang dilaksanakan pada masa hidup Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, seperti perang Badar, Uhud, Khandaq, penaklukan kota Makkah, dll, hingga perang Tabuk. Lalu sang penulis menceritakan berbagai penaklukan yang terjadi pada masa Abu Bakar, seperti berbagai perang penting dalam penaklukan berbagai wilayah Irak (termasuk perang Dzatus Salasil terkenal itu) serta dimulainya misi peperangan di negeri Syam. Kemudian, pembahasan beralih pada berbagai penaklukan yang dilaksanakan pada masa pemerintahan Umar bin Khathab, seperti kelanjutan dari berbagai peperangan di Irak (termasuk perang Qadisiyah dan penyerangan ibu Kota persia, Madain), penaklukan Syam (termasuk perang YArmuk dan pembebasan Palestina), serta pembebasan Mesir. Peperangan yang terjadi pasa masa pemerintahan Utsman bin Affan menjadi bahan pembicaraan berikutnya. PAda masa ini terjadi pembebasan sebagian besar wilayah Afrika Utara di barat, sementara di belahan timur, terjadi pembebasan wilayah Armenia. Penaklukan via laut terjadi pada masa pemerintahan Utsman. Di sinilah kemudian terjadi penaklukan pulau Siprus, juga terjadi perang dahsyat yang disebut perang Dzatush Shawari. sementara pada masa pemerintahan khalifah Ali, penakluakn tidak banyak terjadi karena masalah internal.
Tidak cukup sampai di situ, buku ini jua membicarakan berbagai penakkulakn penting dalam sejarah yang terjadi pada masa pemerintahan Bani Umayyah dan Bani Abbas, hingga umat Islam terkenal di berbagai belahan bumi sebagai kaum penakluk yang tak terkalahkan. Secara khusus, buku ini juga membicarakan perang Salib. Lalu, dikiisahkan pula berbagai penaklukan yang dilaksanakan oleh Khilafah Utsmaniyyah.
buku yang ditulis oleh Dr. Abdul Aziz bin Ibrahim alUmari ini aslinya dalam Bahasa Arab berjudul al-Futuh al-Islamiyyah ‘abral Ushur (penaklukan Islam sepanjang masa). Diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Abdul Basith, Lc , dan ditelaah oleh editor ahli Dr. Muhammad Hariyadi, dosen PTIQ Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR KE BLOG INI SILAHKAN DILIHAT DULU KATALOG DAN RESENSI BUKUNYA SEMOGA BERKENAN JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRAN"