Rabu, 09 Januari 2013

Etika Imam Dan Makmum Di Dalam Shalat Berdasarkan al-Qur-an dan as-Sunnah

Penyusun : Syaikh Sa’id ‘Ali bin Wahf al-Qahthani
Ukuran : 14.5 x 20.5
Ketebalan : 224 hal

Harga buku Rp 34.500
Harga Diskon Rp  28.000,-

Bagi mereka yang sudah mencintai shalat berjama’ah, maka hendaklah mereka memperhatikan etika imam dan makmum dalam shalat berjama’ah.

Pembahasan ini kami ambil dari karya besar Dr. Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qahthani, yakni Shalaatul Mu'-min: Mafhuumun, wa Fadhaa-ilu, wa Aadaabun, wa Anwaa’un, wa Ahkaamun, wa Kaifiyyatun fii Dhau-il Kitaabi was Sunnah, dan kami terjemahkan dari Juz II, pembahasan ke duapuluh lima mengenai Imamah, yakni: al-Bahtsul Khaamisu wal ‘Isyruuna: al-Imaamah fish Shalaat.

Pengetian imam dan imaamah, keutamaan imam dalam shalat dan ilmu, meminta menjadi imam, yang paling layak untuk menjadi imam, macam-macam imamah dalam shalat, kapan saat makmum berdiri untuk shalat berjama’ah, tentang barisan (shaff) shalat dan perhatian terhadapnya, syarat-syarat dan kemestian dalam iqtidaa' (mengikuti imam), adab imam dalam shalat, dan etika makmun dalam shalat.

Semoga mereka yang telah meyakini pentingnya shalat dan memahami kewajiban berjama’ah, akan lebih sempurna dengan mempelajari topik-topik yang sangat penting di atas, seputar ada shalat berjama’ah, khususnya etika imam dan makmum.

Beliau banyak memanfaatkan keputusan dan tarjiih (penguatan terhadap satu pendapat atau keputusan hukum) dari guru beliau, al-Imam ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah.
Dalam penshahihah hadits, beliau banyak berpedoman kepada karya-karya Syaikh al-Albani rahimahullah, disamping ulama-ulama lainnya.
Kami berharap semoga Allah ‘Azza wa Jalla menjadikan upaya ini diberkahi dan menjadi sebuah amal yang ikhlas, aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR KE BLOG INI SILAHKAN DILIHAT DULU KATALOG DAN RESENSI BUKUNYA SEMOGA BERKENAN JAZAKUMULLAH KHOIRON KATSIRAN"